Ternyata Kita Berharga!

Jihan Kristal Yasmin
4 min readSep 10, 2024

--

Isi dari artikel ini tentu berisikan sebuah curahan hati yang sejak lama saya ingin tuangkan, namun sayangnya saya tidak tahu harus memulai dari mana.

Setelah sekian lama tidak menulis dikarenakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia Unit Markas Kota Bogor selama 4 bulan (nanti saya ceritakan lebih detail, ya), akhirnya saya bisa menikmati nikmatnya menulis di kafe dengan aroma kopi dan pastry yang khas. Alunan musiknya pun cukup menenangkan saya. Rasanya, diri saya yang dulu kembali dalam pelukan saya. Betapa saya merindunya.

4 September 2024, ketika kesempatan itu hadir lagi, saya memanfaatkannya agar momen ini terukir dengan indah. Saya mengikuti sebuah pameran inovasi yang diselenggarakan oleh BAPPERIDA Kota Bogor, yang merupakan bagian dari kegiatan lomba Bogor Innovation Award 2024. Tahun ini, saya benar-benar tidak bisa diam. Ada saja kegiatan yang saya ikuti, entah motivasinya apa selain merasa bahwa usia saya sudah genap 26 tahun tapi apa prestasi saya?

Saya lolos masuk 10 Besar inovasi pada kategori masyarakat. Saya membuat inovasi pengembangan media pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS) pada bab bentuk aljabar yang saya namai Belajar Aljabar. Salah satu pencapaian terbaik saya tahun ini. Acara puncaknya adalah Festival Inovasi di mana saya dapat mengenalkan inovasi saya pada khalayak banyak.

Pada acara itu, tiba-tiba abang kandung saya datang. Menemani saya sejenak. Kami berbincang banyak hal. Lalu tiba-tiba dia mengatakan bahwa saya itu keren :) saya merasa aneh. Padahal dia juga keren.

“Dek, lu tuh keren banget, tau.”

“Keren apanya, dah?”

“Lu tuh, kalo diitung-itung, pencapaiannya 3x lebih keren dari Riry dan gw.” btw, Riry itu kakak sulung saya. Nah abang saya itu anak kedua, lalu saya ketiga. Kami hanya bertiga saja.

Lanjutnya, “Riry prestasinya cuma di pramuka dan paskibra. Gw cuma juara 1 karate tingkat kota. Sedangkan lu, lu penulis, lu pengajar, lu developer, dan sekarang lu peneliti dan inovator. Prestasi lu 3x lebih dari gw dan Riry. Lu keren.”

Ini bukan sekali, 2x dia bilang itu. Sudah berkali-kali!

Namun, sayangnya, selama ini saya hanya fokus dengan respon kakak sulung saya. Dia tidak begitu peduli bahkan tidak pernah mengapresiasi pencapaian saya. Hal itu membuat saya merasa tidak pernah dihargai bahkan merasa tidak pernah dicintai. Tapi ternyata, dalam diam abang saya peduli dan mengapresiasi saya. Rasanya, sangat terharu.

Ternyata saya berharga…

Selama ini saya hanya salah menaruh sudut pandang. Saya terlalu fokus dengan apa yang tidak memperdulikan saya. PADAHAL, banyak yang peduli dan menyayangi saya. Namun mereka memperhatikan dalam diam sehingga saya tidak mengetahuinya.

5 September 2024. Hari penentuan pemenang lomba Bogor Innovation Award 2024. Malam itu, Bogor cukup dingin akibat hujan, ya, walau sebentar saja. Tapi dinginnya cukup terasa. Sambil menunggu pengumuman, ada rasa khawatir dan cemas dengan hasil yang didapat. Takut mengecewakan.

Pukul 21.30 WIB, pengumuman kategori masyarakat akhirnya diumumkan. Dimulai dari Juara Harapan 3 hingga Juara 1. Nama produk inovasi saya dan nama saya disebut pada saat pengumuman Juara Harapan 2. Alhamdulillah. Permulaan yang baik menurut saya.

Doc. Pribadi

“Juara Harapan 2 jatuh kepada inovasi… Selamat! inovasi Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Learning Management System Pada Bab Bentuk Aljabar. Selamat untuk Ibu Jihan Kristal Yasmin.”, kata MC.

Bisa berdiri bersama para inovator hebat adalah hal yang sangat luar biasa. Saya merasa beruntung dan bersyukur bisa mendapatkan kesempatan ini. Alhamdulillah, Allah swt. Maha Baik lagi Maha Penyayang dan Maha Pengasih. Tanpa ijin Allah swt. saya mungkin tidak akan dapat berdiri di sana.

Doc. Pribadi.

Setelah acara ini dan setelah kemenangan saya ini, saya jadi makin sadar bahwa saya memanglah sangat berharga :)

Saya tidak boleh lagi merasa bahwa saya tidak ada apa-apanya dan harus lebih mencintai diri saya. Selain itu pula saya harus percaya bahwa banyak sekali orang yang menyayangi dan mencintai saya.

Walau pun banyak orang yang meragukan kita, banyak orang pula yang tidak peduli dengan kita, tetapi kita tidak boleh sedikitpun meragukan diri kita sendiri sehingga merasa bahwa diri kita tidak berharga. Bagaimana pun, kita sangatlah berharga.

Selamat Jihan, kamu telah bertumbuh dengan baik.

Bogor, 10 September 2024.

Dokument tambahan:

doc. pribadi (Tahap Presentasi dan Wawancara, lokasi Gedung Paseban Sri Baduga Balaikota Bogor)
doc. pribadi (Pameran Inovasi, lokasi Bogor Creative Center)
doc. pribadi ( Tahap Validasi Lapangan oleh tim validasi dari BAPPERIDA Kota Bogor)

--

--

Jihan Kristal Yasmin

Department of Mathematics • Data enthusiast • Author • Research Assistant